Pengertian Slam Dunk Pada Bola Basket Beserta Cara Melakukannya

Pengertian Slam Dunk Pada Bola Basket Beserta Cara Melakukannya. Anda penggemar olahraga basket? Jika ya, tentu anda tahu istilah Slum Dunk. Apa sih Slum Dunk itu? Apakah anda pernah melakukannya? Untuk mengetahui lebih jelas, mari ikuti artikel ini karena di sini akan di bahas mengenai pengertian slam dunk pada bola basket beserta cara melakukannya.
http://tutorialolahraga1.blogspot.com/2015/09/pengertian-slam-dunk-basket.html

Slum Dunk secara garis besar adalah menembakkan bola ke ring lawan dengan satu tangan. Slum dunk merupakan dasar-dasar teknik bermain bola basket yang harus dikuasai oleh setiap pemain. Maka, untuk memahami dan mengetahui bagaimana melakukan slum dunk anda perlu memahami pengertiannya terlebih dahulu kemudian pelajari langkah-langkah melakukannya.

Pengertian Slam Dunk Dalam Bola Basket
Yang dimaksud Slam Dunk dalam permainan bola basket ialah suatu gaya di dalam permainan olahraga bola basket, di mana seorang pemain berusaha memasukkan bola ke dalam ring lawan dengan permukaan telapak tangan menyentuh besi pada ring basket dengan satu atau dua tangan setelah bola melewati tinggi dari ring besi basket.

Beberapa Cara Melakukan Slam Dunk Dalam Permaian Basket Yang Benar
Slum Dunk adalah teknik memasukan bola yang berkemungkinan besar dapat mencetak point, untuk itu perlu dilakukan dengan benar. Ada beberapa jenis slum dunk yang biasa digunakan untuk mencetak point. Berikut jenis-jenis slumdunk dan langkah-langkah melakukan slum dunk.
 
1. Walking In The Air
Walking in the air salah satu jenis gaya memasukan bola untuk teknik slum dunk dalam basket yang biasa di sebut dengan istilah"air" saja. Cara melakukan slum dunk walking in the air yaitu dengan melompat jauh dan tinggi seolah-olah sepintas pemain terlihat seperti sedang berjalan diudara, kemudain menembakakn bola langsung ke ring.\
 
2. Alloy-Ops
Yaitu slum dunk yang dilakukan untuk mengoper bola ke teman satu tim yang sedang melompat. Saat melompat, target atau pemain yang akan menangkap bola menangkap bola operan temannya kemudian langsung melakukan Slam dunk.
 
3. 360 Degree Dunk
Merupakan dunk atau uatu hunjaman yang dilakukan dengan memutar badan sebanyak 360 derajat.
 
4. Tip Dunk
Suatu jenis dunk dimana teman satu tim melempar bola tetapi tidak masuk, kemudian pemain lain melompat dan menangkap bola pantul atau rebound yang tidak masuk itu lalu dilanjutkan dengan hunjaman sebelum kaki turun menginjak tanah.
 
5. Back Dunk
Yaitu dunk yang dilakukan dengan posisi badan menghadap kebelakang
 
6. Crossover Dunk
Yaitu hunjaman yang dilakukan degan tangan yang satu mengoper bola ke tangan yang lain melewati selangkang kaki dan kemudian melakukan hunjaman.

Itulah sekilas mengenai pengertian slam dunk pada bola basket beserta cara melakukannya. Untuk lebih memahami teknik tersbut, maka anda bisa berlatih sesuai langkah-langkah yang dijelaskan di atas. Baca juga "latihan meningkatkan akurasi shooting bola basket" dan "macam-macam tugas pemain bola basket berdasarkan posisi".
MJ

Post a Comment

Previous Post Next Post