Cara Melakukan Gerakan Loncat Harimau dan Meroda Dengan Benar

Cara Melakukan Gerakan Loncat Harimau dan Meroda Dengan Benar. Pernahkah Anda mencoba gerakan loncat harimau dan meroda? Mungkin gerakan tersebut menjadi materi belajar semasa di SMA. Memang dalam olahraga senam lantai dibagi menjadi beberapa golongan dan sering diperlombakan. Senam alat, senam irama, dan senam lantai adalah beberapa kategori yang sering dilombakan. Mungkin Anda pernah mendengar loncat harimau dan meroda, tentu saja dua jenis senam tersebut menggunakan alat keamanan berupa matras atau busa untuk menghindarkan kejadian cedera.
Kali ini akan dijelaskan satu persatu bagaiman cara melakukan loncat harimau dan meroda dengan benar. Pertama-tama akan diulas mengenai loncat harimau dahulu.

Loncat Harimau
http://www.tutorialolahraga.com/2015/12/cara-melakukan-gerakan-loncat-harimau.html

Jenis senam loncat harimau ini merupakan gerakan guling ke depan tetapi gerakan awalnya dimulai dengan loncatan jauh ke depan dan mendarat dengan dua lengan kemudian berguling kea rah depan. Untuk awalannya Anda harus memulainya dengan sikap berdiri dan mengambil ancang-ancang dan nantinya pada saat langkah terakhir bersiap melakukan tolakan. Dalam pelaksanaannya kedua kaki harus melakukan tolakan dengan kuat agar badan terdorong ke arah depan. Kemudian pergelangan kaki dan lutut dibengkokan untuk loncat ke atas dan depan. Tungkai kaki sebisa mungkin dalam posisi lurus dan kedua lengan diayunkan kea rah depan dan mendarat terlebih dahulu di matras. Dalam posisi akhir, tekuk bagian kepala hingga menunduk dan posisi punggung harus membulat hingga mengguling ke depan. Mantapkan posisi akhir dengan jongkok dan tangan dalam posisi lurus ke depan.

Meroda
http://www.tutorialolahraga.com/2015/12/cara-melakukan-gerakan-loncat-harimau.html
Sebelum masuk ke langkah-langkah untuk melakukan meroda, alangkah baiknya jika Anda mengetahui pengertiannya. Meroda adalah satu gerakan ke samping dengan bertumpu atas kedua tangan dan kaki dalam posisi terbuka lebar. Arah dari gerakan meroda bisa dari kiri ke kanan. Jika dilihat untuk melakukan meroda ini terbilang mudah, namun gerakan ini memerlukan kordinasi gerakan yang baik.
Berikut ini beberapa cara untuk melakukan gerakan meroda:
Sikap awalnya adalah berdiri tegak menyamping dengan posisi kaki terbuka sedikit lebar. Lalu untuk kedua tangan dalam posisi lurus ke atas samping menyerupai huruf V dan pandangan lurus ke depan. Langkah berikutnya adalah jatuhkan badan kea rah samping kiri dibarengi dengan telapak tangan ke samping kiri, lalu angkat kedua kaki secara bersamaan disusul dengan meletakkan telapak tangan kanan di samping tangan kiri. Perlu diperhatikan pada saat kaki kanan diayunkan maka kaki kiri melakukan tolakan sehingga saling bergantian begitu juga dengan kanan yang menjadi tumpuan di saat posisi kaki berada di atas. Biasanya untuk meroda ini dilakukan hingga 5 putaran dan efeknya membuat kepala Anda sedikit pusing.
Itulah tadi beberapa cara dan informasi mengenai gerakan loncat harimau dan meroda semoga bermanfaat untuk Anda.
MJ

Post a Comment

Previous Post Next Post