Pengertian dan Cara Melakukan Gerakan Kayang Pada Senam Lantai yang Baik dan Benar

Pengertian dan Cara Melakukan Gerakan Kayang Pada Senam Lantai yang Baik dan Benar – Pernahkah Anda mendengar senam kayang? Mungkin Anda pernah melakukannya namun belum tahu secara pasti apa itu kayang. Senam lantai kayang dapat diartikan sebagai posisi berbaring telungkup dan posisi badan diatas ditopang oleh kedua tangan dan kaki. Banyak yang menganggap gerakan kayang ini sulit, dan memang benar bagi mereka yang tidak memiliki kelenturan yang baik senam lantai kayang terbilang sulit dilakukan.
http://www.tutorialolahraga.com/2015/12/cara-melakukan-gerakan-kayang.html

Gerakan senam lantai akan mudah dilakukan jika seseorang memiliki beberapa kriteria diantaranya :
  • Mempunyai kekuatan otot punggung, paha, dan perut yang baik. 
  • Mempunyai kelentukan persendian bahu, ruas tulang belakang, dan persendian panggul.
  • Memiliki kekuatan bahu dan lengan yang kuat untuk menopang tubuh.
Ternyata ada beberapa cara untuk melakukan gerakan kayang yang baik dan benar. Lalu seperti apa caranya berikut ulasannya.

Posisi Tidur
Untuk melakukan gerakan kayang dari posisi tidur ada beberapa cara diantaranya:
Sikap awal bisa dimulai dengan posisi tidur telentang dan kedua lutut dalam posisi ditekuk kedua tumit rapat pada pinggul. Untuk bagian tangan diusahakan bagian siku dan telapak tangan menempel pada matras dengan posisi ibu jari berapa di samping telinga. Untuk gerakannya posisi badan diangkat ke atas dengan kedua tangan dan kaki lurus, kemudian masukkan kepala diantara 2 tangan, dan tahan hingga beberapa saat dan nantinya otot punggung dan perut akan terasa lentur. Jika Anda merasa belum yakin mampu mencoba gerakan kayang posisi tidur sebaiknya meminta bantuan orang lain.
 
Posisi Berdiri
Untuk melakukan kayang dari sikap berdiri ada beberapa langkah yang dilakukan diantaranya:
Sikap awal dari posisi berdiri adalah badan harus tegak berdiri dan posisi kedua tangan berada di samping paha. Untuk memulai gerakannya satu tangan diayunkan ke belakang dan posisi kepala menengadah dan badan sebisa mungkin melenting ke belakang. Nantinya tungkai kaki ditekuk namun pada saat punggung menempel matras gunakan tangan untuk menolak. Lalu lemparkan tungkai ke arah depan dibarengi dengan tolakan tangan, sebisa mungkin posisi badan condong ke depan dan berakhir dengan sikap berdiri dengan badan bungkuk. Nantinya jika posisi kayang sempurna maka akan terlihat posisi badan melengkung seperti busur.

Latihan gerakan kayang memang memiliki manfaat untuk melenturkan otot tubuh bagian pinggang dan perut. Jika Anda merasa ragu bisa meminta bantuan orang lain atau setidaknya lakukan pemanasan sebelum mencobanya. Untuk menghasilkan bentuk tubuh kayang secara sempurna memang dibutuhkan beberapa latihan. Jadi Anda harus bekerja keras untuk bisa mendapatkan bentuk yang sempurna. Semoga informasi mengenai cara melakukan gerakan kayang bisa memberikan gambaran dan pedoman dalam melakukan gerakan kayang.
MJ

Post a Comment

Previous Post Next Post