Ukuran Lapangan Sepak Takraw Standar Nasional Dan Internasional

Ukuran Lapangan Sepak Takraw Standar Nasional Dan Internasional. Berbagai macam jenis olah raga ada banyak sekali, dan tentu saja bisa dilakukan sebagai salah satu sarana untuk menjaga kesehatan. Salah satu jenis olah raga yang dulunya sempat populer adalah sepak takraw, dimana jenis olah raga ini sendiri merupakan olah raga yang menggunakan bola yang dianyam. Sepek takraw juga merupakan  gabungan dari sepak bola serta bola volley, dan salah satu aturannya adalah para pemain tidak boleh menyentuh bola dengan menggunakan tangan. Olah raga jenis ini pun sudah dikenal cukup lama sekali, namun sayangnya olah raga ini sendiri di Indonesia kini mulai turun popularitasnya, karena untuk memainkankan olah raga ini sendiri memiliki resiko cedera yang cukup besar. Sehingga tak heran kalau peminat dari olah raga sepak takrawa ini sendiri semakin menurun. Ada berbagai macam perlengkapan atau sarana yang biasanya digunakan saat ingin memainkan olah raga ini,  salah satunya adalah lapangan, yang bisa digunakan untuk bermian olah raga sepak takraw ini. Berikutt kami akan mengulas ukuran lapangan sepak takraw standar nasional dan internasional.
http://www.tutorialolahraga.com/2015/11/ukuran-lapangan-sepak-takraw-standar.html

Ukuran lapangan sepak takraw standar nasional dan internasional, yaitu panjang dari lapangan sepak takraw ini adalah 13.42 m, lalu untuk lebar lapangannya sendiri adalah 6.10 m, sedangkan untuk lebar garis batas sepak takwar sendiri atau yang disebut dengan garis linear lebarnya adalah sekitar 5 cm. Selanjutnya dibagian tengah lapangan ada lingkaran yang digunakan untuk melakukan serive, dengan memiliki garis tengah lingkaran tersebut adalah 61 cm. Sedangkan pada garis ¼ lingkaran dari sepak takraw ini sendiri memiliki jari-jari 90 cm, dimana pada penjuru tengah dikedua lapangan tersebut terdapat garis ¼  lingakaran yang digunakan untuk melambungkan bola kepada lawan.
Tak hanya menggunakan sarana lapangan saja untuk bermain sepak takrawa ini namun ada beberapa komponen  lainnya, dintaranya yaitu ada net yang dibuat dengan menggunakan bahan yang kasar, dengan memiliki ukuran lubang-lubangnya sebesar 5 cm. Sedangkan lebar dari jaringnya sendiri adalah 72 cm dengan memiliki panjang 6.71 m. Sedangkan pada pinggir atas, samping dan bawahnya sendiri dibuat pita dengan memiliki lebar 5 cm, yang di ikatkan pada kedua ring. Untuk tinggi jaringnya sendiri dari lantai adalah 1.5 m. Biasanya net ini diikatakn pada 2 buah tiang yang memiliki tinggi 1.55 m untuk para pemain laki-laki, dan 1.45 m untuk para pemain wanita.
Permainan sepak takrawa ini sendiri bisa dilakukan didalam maupun luar ruangan, namun jika lapanana dibuat didalam gedung maka  tinggi atapnya sendiri minimal harus 8 m. Info dan ulasan mengenai sepak takraw dan ukuran lapangan sepak takraw standar nasional dan internasional yang sudah kami ulas ini, semoga bermanfaat dan menjadi referensi. Baca juga "sejarah permainan sepak takraw" dan "macam-macam teknik dasar dalam olahraga sepak takraw".
MJ

Post a Comment

Previous Post Next Post