Pengertian Olahraga Lompat Jauh Dan Sejarah Perkembangannya

Pengertian Olahraga Lompat Jauh Dan Sejarah Perkembangannya. Lompat jauh yang merupakan suatu gerakan melayang kebagian depan atas dengan membawa titik berat badan selama mungkin dengan cara melayang diudara, dan dilakukan dengan cepat  serta dengan jarak melakukan tolakan pada satu kaki untuk mencapi jarak yang sejauh-jauhnya. Sasaran yang dituju pada lompat jauh ini sendiri merupakan sebuah titik yang terjauh di bak lompatana. Lalu jarak tersebut pun di ukur dari mulai papan tolakan hingga sampai kebatas yang paling terdekat di titik pendaratan.
Sejarah dari lompat jauh ini sendiri sudah ada sejak sekitar abad 13, dan olah raga ini pun sudah ada sejak tahun 708 M, saat olimpiade kuno yang ada di Yunani. Dulunya lompat jauh ini sendiri hanya digunakan sebagai latihan untuk militer perang. Supaya bisa melatih ketangkasan dari prajurit saat mereka akan perang. Namun seiring waktu, saat ini lompat jauh pun sudah mualli dijadikan sebagai salah satu cabang oalh raga yang diperlombakan.
http://www.tutorialolahraga.com/2015/11/pengertian-olahraga-lompat-jauh.html


Untuk melakukan yang namanya lompatan jauh ini juga tentu saja harus melakukan berbagai macam tekknik dasarnya, diantaranya yaitu sebagai berikut ini :
  • awalan
untuk tekhnik dasar yang pertama pada lompat jauh adalah awalan, dimana gerakan ini sendiri dilakukan supaya bisa meningkatkan kecepatan lari, namun masih bisa dikontrol saat ingin melakukan yang namanya tolakan. Biasanya saat sudah mendekati papan tolakan sekitar 3 hingga 5 langkah terakhir, diperlukan untuk meningkatkan kecepatan lari awalan kepatokan, dengan kecepatan tolakan dengan langkah yang terakhir dibuat lebih pendek.
  • tolakan
tekhnik dasar yang selanjutnya adalah tolakan, dimana tolakan ini sendiri sebagai tahap untuk menghasilkan menapakkan kaki tolakan untuk melakukan lepas landas, dimana tujunanya sendiri supaya bisa menghasilkan gerakan yang mengakat tubuh supaya bisa bergerak bebas melayang keudara. Lalu saat melakukan tolakan, kaki  dibuat sedikit menjadi lebih bengkok, dan kaki ditapakkan. Gerakan dari tolakan ini sendiri dibutuhkan kekuatan, kecepatan, serta koodinasi gerakan yang mumpuni, supaya menghasilkan gerakan yang lebih sempurna lagi.
  • melayang udara
dimana gerakan ini sendiri merupakan gerakan melayang, supaya memudahkan untuk melakukan pendaratan. Tentu saja saat ingin melakukann gerakan ini pun harus memperhatikan beberapa hal, diantaranya yaitu harus menjaga keseimbangan badan ketika melayang, menjaga ketahanan dari udara sekecil mungkin, menjaga supaya bisa melayang diudara selama mungkin, serta yang terakhir adalah mempersiapkan kaki untuk melakukan yang namanya pendaratan.
  • pendaratan
tekhnik dasar yang terakhir adalah pendaratan, dimana tekhnik ini sendiri dilakukan dengan mempersiapkan kepala  menunduk, lengan mengayun dan pinggang kedepan.
Ulasan dan info yang sudah kami ulasa mengenai pengertian olahraga lompat jauh dan sejarah perkembangannya ini semoga bisa bermanfaat untuk anda. Baca juga "macam-macam teknik dasar lompat jauh beserta gambarnya" dan "beberapa gaya teknik melayang dalam lompat jauh".
MJ

Post a Comment

Previous Post Next Post