Macam Macam Gaya Lompat Jauh Dan Penjelasannya (Teknik Melayang)

Macam Macam Gaya Lompat Jauh Dan Penjelasannya (Teknik Melayang). Lompat jauh sendiri tentu saja merupakan salah satu cabang olah raga atletik yang sudah tidak asing lagi, karena cabang olah raga ini sendiri sudah ada sejak abad 13 hingga sampai saat ini. Tak hanya itu saja, lompat jauh pun masih terus diperlombakan diberbagai macam kompetisi olah raga dunia. Lompat jauh ini sendiri merupakan  suatu gerakan melompat yang biasanya menggunakan tumnpuan satu kaki, supaya bisa menempuh jarak yang sejauh-jauhnya. Lalu jarak dari lompatan tersebut pun akan diukur, mulai dari papan tolakan, hingga batas terdekat dari titik pendaratan yang sudah berhasil dihasilkan. Berikut kami akan mengulas mengenai macam macam gaya lompat jauh dan penjelasannya (teknik melayang).
http://www.tutorialolahraga.com/2015/11/macam-macam-gaya-lompat-jauh.html


1. gaya ortodok (gaya jongkok)
untuk gaya lompat jauh yang pertama adalah gaya orthodok, dimana gaya lompat jauh ini sendiri berfungsi supaya bisa mendapatkan kecepatan maksimal saat ingin melompat, dan lari secepatnya dari jarak 40 hingga 45 m dilintasan. Saat melakukan yang namanya tolakan, biasanya kaki yang digunakan adalah kaki yang terkuat dengan posisi badan yang lebih ditegapkan, serta kedua tangan di angkat ke atas. Ketika ingin mendarat, diawali dengan menggunakan tumit kaki yang sedikit ditekuk.
 
2. gaya schnepper
selanjutnya adalah gaya Schnepper atau yang sering juga disebut dengan gaya menggantung, dimana gaya lompat jauh ini sendiri tidak mengubah kecepatan ketika kaki akan bertumpu pada papan tumpua, dan posisi badan pun dibuat lebih tegap. Gerakan kaki dibuat mengayun kebelakang, serta kedepan, bersama dengan kedua lengan. Ketika ingin melakukan pendaratan maka kedua kaki diluruskan kedepan dan mendarat dengan menggunakan kedua tumit terlebih dahulu.
 
3. gaya berjalan di udara
gaya lompat jauh selanjutnya adalah berjalan di udara atau yang sering juga disebut dengan walking in the air. Melakukan lari ancang-ancang sekitar 10 langkah, lalu tambah kecepatan lari sebelum melakukan tolakan, pinggang sedikit diturunkan, paha kaki diayunkan secara bebas dengan meluruskan lutut, sendi mata kaki, serta pinggang ketika waktu bertolak. Kemudian melayang diudara, dengan menarik kaki yang bertolak kedepan. Saat ingin mendarat lengan dan tubuh ditarik kedepan dan bawah, lalu kaki diulurkan sesaat. Teknik melayang diudara ini sendiri hampir sama dengan gerakan ataupun sikap badan yang sedang  berjalan diudara. Namun tentu saja harus benar-benar memperhatikan yang namanya tekhnik dasarnya juga seperti awalan, tolakan, melayang dan mendarat. Supaya hasil yang didapatkan juga menjadi lebih maksimal lagi.
 
Beberapa ulasan dan info mengenai macam macam gaya lompat jauh dan penjelasannya (teknik melayang) yang kami berikan ini, semoga bisa bermanfaat untuk anda, serta bisa menjadi referensi anda. Silahakan anda bisa mencobanya sendiri dan melakukan latihan rutin. Lihat juga artikel sebelumnya "berbagai teknik dasar dalam lompat jauh beserta gambar penjelasannya".
MJ

Post a Comment

Previous Post Next Post