Teknik Dasar Lompat Jauh Beserta Gambarnya

Teknik Dasar Lompat Jauh Beserta Gambarnya. Lompat jauh sendiri merupakan salah satu cabang olah raga atletik yang sangat populer sekali dihampir seluruh dunia, sejak dulu sampai saat ini. Selain itu juga cabang olah raga ini pun seirng kali diperlombakan diberbagai macam turnamen olah raga dunia. Sehingga tak heran kalau lompat jauh sampai saat ini masih merupakan salah satu cabang olah raga atletik yang populer dan masih banyak di minati. Namun tentu saja untuk melakukan olah raga ini sendiri, para pemiannya harus memperhatikan tekhnik dasarnya, supaya bisa mengurangi kesehalahan saat sedang dalam perlombaan. Berikut kami akan mengulas beberapa teknik dasar lompat jauh beserta gambarnya, diantaranya yaitu :
http://www.tutorialolahraga.com/2015/11/teknik-dasar-lompat-jauh.html

1. Awalan
untuk teknik dasar yang pertama dari lompat jauh ini adalah awalan lari, dimana gerakan ini dilakukan untuk meningkatkan kecepatan lari, namun masih tetap bisa dikontrol saat ingin melakukan tolakan. Ketika sudah mendekati yang namanya papan tolakan, maka siap untuk mengalihkan yang namanya kecepatan dari gerakan horizontal, menuju kecepatan vertical dengan menggunakan langkah terakhir yang pendek.

2. Tolakan
tekhnik dasar yang selanjutnya adalah tolakan, dimana tolakan ini sendiri merupakan salah satu tahap pengalihan dari telapak kaki tolak saat ingin lepas landas. Tujuan dari gerakan ini sendiri adalah supaya tubuh bisa bergerak dan mengangkat keatas untuk melakukan gerakan melayang di udara.
 
3. melayang diudara
gerakan ini sendiri merupakan gerakan kaki yang berjalan selama melayang diudara, gunanya supaya bisa mempersiapkan pendaratan yang lebih sempurna lagi. Namun saat ingin melakukan gerakan melayang diudara ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya yaitu :
  • usahkan ketahanan udara sekecil mungkin 
  • usahakan untuk bisa melayang diudara selama mungkin
  • kaki harus dipersiapkan saat ingin mendarat

http://www.tutorialolahraga.com/2015/11/teknik-dasar-lompat-jauh.html
Gambar: gaya melayang di udara

4. pendaratan
tekhnik dasar dari lompat jauh yang terakhir adalah pendaratan, dimana gerakan ini sendiri dilakukan dengan mempersiapkan kepala yang menunduk, lengan yang diayun, serta pinggang yang dibawa kedepan. Supaya bisa menghasilkan pendaratan yang sempurna dan sejauh mungkin.
Supaya anda bisa menguasai berbagai macam tekhnik dari lompat jauh ini, maka anda pun harus memperhatikan beberapa faktor sebagai berikut :
  • menentukan jarak awalan yang tepat 
  • menetukan irama pada saat lari awalan 
  • meningkatkan kemampuan untuk menolak serat lepas landas 
  • meningkatkan kemampuan untuk melakukan gerakan melayang diudara 
  • meningkatkan kemampuan untuk melakukan gerakan pendaratan.
Info dan ulasan yang sudah kami bagikan ini mengenai teknik dasar lompat jauh beserta gambarnya, semoga bisa bermanfaat untuk anda sreta menjadi referensi, saat anda ingin berlatih tekhnik dasar dari lompat jauh ini. Selamat mencobanya dan semoga anda berhasil mempelajari tekhnik dasar lompat jauh ini. Lihat juga "pengertian dan sejarah singkat perkembangan olahraga lompat jauh" dan "penjelasan berbagai macam gaya teknik melayang lompat jauh".

MJ

Post a Comment

Previous Post Next Post